Etika Menghubungi Dosen
1. Waktu
Mahasiswa diimbau memilih waktu yang tepat untuk menghubungi dosen. Pilihlah waktu yang biasanya tidak dipakai untuk beristirahat atau beribadah. Contohnya hindari menghubungi dosen di atas pukul 20.00 atau di saat waktu ibadah.
2. Ucapkan salam
Awali dengan sapaan atau mengucapkan salam.
3. Ucapkan kata maaf
Ucapkan kata maaf untuk menunjukan sopan santun dari kerendahan hati mahasiswa. Misalnya ucapkan maaf karena mengganggu waktu dosen.
4. Sebutkan identitas
Setiap dosen pasti menghadapi ratusan mahasiswa setiap harinya dan tidak menyimpan nomor kontak seluruh mahasiswa. Maka, pastikan mahasiswa menyampaikan identitas di setiap awal komunikasi atau percakapan.
5. Gunakan bahasa yang umum
Berkomunikasi dengan dosen diimbau untuk menggunakan bahasa umum yang mudah dimengerti. Gunakan tanda baca yang baik dan dalam konteks formal. Jangan menyingkat kata seperti dmn, yg, aku, kpn, otw dan lainnya. Hindari kata panggilan non-formal seperti aku, ok, iye dan lain-lain.
6. Tulis pesan dengan jelas
Tulislah pesan dengan singkat dan jelas. Misalnya mahasiswa perlu meminta tanda tangan dosen di lembar pengesahan. Pilihakan kata-kata yang tepat dan jelas, seperti contoh di bawah ini:
"Saya memerlukan tanda tangan Bapak di lembar pengesahan saya. Kapan kiranya saya dapat menemui Bapak?"
7. Ucapkan terima kasih
Akhiri pesan dengan menggunakan kalimat terima kasih atau salam sebagai penutup.
Last modified: Monday, 31 August 2020, 10:11 AM